Dampak Kurang Tidur dan Sering Begadang

Standard

 

Ada banyak organ tubuh yang bekerja dan ada banyak sistem metabolisme yang harus berjalan setiap saat. Oleh karena itu kita membutuhkan waktu untuk meringankan beban tubuh kita. Tidur adalah salah satu jalan yang direkomendasikan agar kita bisa mengistirahatkan tubuh kita. Kekurangan tidur atau terlalu sering begadang bisa membuat kita mengalami beberapa dampak yang mengerikan.

Penyakit-penyakit seperti stroke, kegemukan, diabetes, hilang ingatan hingga kanker sudah menghadang di depan mata. Kekurangan jam tidur dan tidur tidak teratur bisa membuat fungsi organ mulai dari bagian kepala hingga pencernaan mengalami masalah. Hal ini ditunjang dengan kebiasaan yang sering dilakukan saat susah tidur di malam hari seperti main video game, menggunakan komputer, ngemil dan sebagainya.

Tidur yang direkomendasikan adalah tidur selama 7 jam sehari dengan kondisi lampu dimatikan. Pada saat ini terjadi, tubuh akan meregenerasi diri dengan baik, bahkan membuat pertahanan diri dari masalah seperti kanker. Saat Anda tidur tubuh juga terhindar dari kerusakan tulang seperti dilansir dari Huffington Post.

Tidur teratur dan berkualitas, mampu meringankan beban otak sehingga bisa membuat kita terhindar dari problem kepikunan dan sulit konsentrasi. Bila Anda dalam kondisi sangat lelah, sebaiknya pindahkan bantal di kepala untuk menyangga betis dan lutut Anda. Tidurlah dalam posisi terlentang dan lampu dimatikan.

Seaktif apapun Anda, namun kita tetap perlu menjaga agar tubuh mendapatkan perawatan dan istirahat yang cukup. Jangan korbankan kesehatan Anda karena akan sangat mahal untuk bisa mendapatkannya kembali. Stay health, Ladies.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s